Pembelajaran siswa merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan dan pemehaman suatu pelajaran kepada siswa. Dari pengertian ini secara implisit, dalam pembelajaran dihadapkan pada situasi memilih, menetapkan, mengembangkan metode untuk mencapai hasil pengajaran yang diinginkan. Pemilihan, penetapan, dan pengembangan metode ini didasarkan pada kondisi pengajaran yang ada. Kegiatan ini pada dasarnya merupakan inti dari perencanaan pembelajaran.
Konsep Pembelajaran siswa adalah hakikat dari perencanaan atau perancangan sebagai upaya membelajarkan siswa, itulah sebabnya dalam belajar, siswa tidak hanya berintraksi dengan guru sebagai salah satu sumber belajar, tetapi akan berintraksi dengan seluruh sumber belajar yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Oleh sebab itu, pembelajaran menjadi pusat perhatian tentang “bagaimana membelajarkan siswa”, dan bukan pada “apa yang dipelajari siswa”. Adapun perhatian terhadap apa yang dipelajari siswa merupakan bidang kajian dari kurikulum. Pembelajaran siswa lebih menekankan pada bagaimana cara agar tercapai tujuan, bagaimana mengorganisasikan, menyampaikan isi pembelajaran, dan interaksi antara sumber-sumber belajar yang ada agar berfungsi secara optimal.
Dalam pembelajaran siswa yang dirancang, disusun sedemikian rupa dimaksudkan agar dapat mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal. Untuk mewujudkan konsep pembelajaran yang lebih efektif, beberapa ciri pembelajaran yang mesti diterapkan, yaitu: (a) siswa menjadi subjek untuk mengkaji secara aktif terhadap lingkungannya melalui proses observasi, membandingkan, menemukan persamaan dan perbedaan serta membuat konsep dan generalisasi berdasarkan kesamaan-kesamaan yang ditemukan, (b) guru menyediakan materi sebagai fokus berpikir dan berinteraksi dalam pelajaran, (c) aktivitas-aktivitas siswa sepenuhnya didasarkan pada pengkajian, (d) guru selaku pendidik dituntut aktif terlibat memberikan arahan dan tuntunan kepada siswa dalam menganalisa informasi, (e) arah pembelajaran dituntut menguasai isi pelajaran dan pengembangan keterampilan berpikir, serta (f) guru selau pendidik menggunakan metode mengajar yang bervariasi sesuai dengan tujuan mengajar guru.
Demikian tulisan tentang Cara Konsep Pembelajaran Dalam Membantu Proses Belajar Siswa, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com
Demikian tulisan tentang Cara Konsep Pembelajaran Dalam Membantu Proses Belajar Siswa, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com