Friday, June 6, 2014

Khasiat Alang-Alang Untuk Kesehatan



Alang-alang (Impera cylindrical) merupakan sejenis tumbuhan gulma yang biasanya tumbuh dengan liar di ladang, lapangan berumput, tepi jalan, dan persawahan. Tingginya bisa mencapai hampir 2 meter. Daunnya menyerupai pita dengan tepi rata, lurus dan berujung runcing. Tumbuhan ini memang dapat tumbuh subur di tempat-tempat kering yang mendapatkan banyak sinar matahari. Alang-alang sejak dulu sudah dijadikan sebagai salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Manfaat tumbuhan alang-alang ini diantaranya adalah untuk pengobatan.

Khasiat tumbuhan alang-alang terutama berasal dari bagian akarnya. bagian akar tumbuhan alang-alang memiliki sejumlah unsur kimiawi yang sangat berguna untuk kesehatan. Beberapa unsur diantaranya adalah glukosa, manitol, asam sitrat, arundoin, fernerol, esin, polifenol, taninin, dan alkali. Unsur-unsur kimiawi ini membuat alang-alang menjadi antipiretik yang berfungsi untuk meluruhkan kemih (deuretic), menurunkan panas, menghentikan pendarahan (hemostatik), dan menghilangkan rasa haus.

Dari beberapa kandungan kimia yang terkandung dalam akar Alang-alang diyakani mampu mengobati penyakit, diantaranya :

Cara penyajiannya : Ambil akar alang-alang segar sebanyak kira-kira 100 gram, kemudian cuci dan bersihkan akar alang-alang tersebut hingga bersih, rebus dengan 2 gelas air bersih, tunggu hingga mendidih sampai air rebusan tersisa setengahnya, angkat dan dinginkan, saring air rebusan akar alang-alang untuk memisahkan ampasnya, inumlah secara rutin 2 kali sehari.

Meluruhkan air seni
Cara penyajiannya : Ambil 40 sembalan rimpang alang-alang yang sudah kering kemudian potong kecil-kecil, rebus rimpang yang sudah dipotong-potong tadi dengan air bersih sebanyak 2 gelas, tunggu dan biarkan rebusan mendidih hingga air rebusan tersisa menjadi 1 gelas, terakhir angkat, dinginkan dan saring ampasnya, minumlah secara rutin 2 kali sehari.

Cara penyajiannya : Ambil akar alang-alang yang segar kurang lebih sebanyak 60 – 120 gram, potong-potong akar alang-alang menjadi ukuran kecil, kemudian cuci dan bersihkan, rebus akar dengan air bersih sebanyak 3 gelas, tunggu dan biarkan rebusan mendidih sampai air tersisa menjadi 1 gelas, terakhir angkat, dinginkan dan saringlah air rebusan tadi untuk memisahkan ampas, minumlah secara rutin 2 kali sehari.

Mimisan
Cara penyajiannya : Ambil akar Alang-alang yang baru saja dicabut secukupnya, tumbuk sampai akarnya memar, ambil airnya dengan cara diperas sampai 100 CC banyaknya,  minumlah air perasan akar Alang-alang ini.


Demikian uraian tentang Khasiat Alang-Alang Untuk Kesehatan, temukan infomasi menarik lainnya hanya di http//rianisyahriani01.blogspot.com