Sunday, June 8, 2014

Pongobatan dan Khasiat Herbal Meniran



Meniran (Phyllantus niruri) merupakan tumbuhan semak yang tumbuh di daerah tropis. Selain sering tumbuh di pekarangan rumah tanaman ini juga sering dijumpai tumbuh liar di hutan, di ladang, dan di tempat yang tanahnya lembab, berpasir, di tepi sungai dan di pantai.

Meniran dapat tumbuh pada ketinggian hingga 1.000 meter dari atas permukaan laut. Tingginya mencapai 30-60 cm. Kalau sedang mekar, bunganya seperti hamparan warna kuning. Tanaman ini dikenal sebagai 'pemecah batu' karena akarnya yang kuat.

Banyak sumber kesehatan yang menyatakan bahwa hampir semua bagian pada Meniran berkhasiat untuk pengobatan penyakit seperti anti-piretik atau penurun panas, peluruh batuk, peluruh air seni, dan anti-hepatotoksik.

Bahkan dalam penelitian terbaru, disebutkan bahwa Meniran ini memiliki aktifitas imunomodulator yang sangat berperan dalam memperkuat sistem imun tubuh. Makanya, jika kita ingin mendapatkan sistem imun tubuh yang kuat, sebaiknya mengonsumsi Meniran secara teratur. Dengan sistem kekebalan tubuh yang terus terjaga secara optimal, kita pun akan luput dari serangan bakteri, virus, dan mikroba lainnya. 

Ketika sistem imun di dalam tubuh bekerja berlebihan, maka Meniran akan mengontrolnya untuk menurunkan kerja sistem imun tersebut. Dan sebaliknya, ketika sistem imun kinerjanya menurun, maka flavonoid yang terkandung di dalam Meniran akan mengirimkan sinyal intraseluler kepada reseptor sel yang dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerjanya lagi. Flavonoid dalam Meniran juga memiliki efek anti-peradangan.

Cara pemakaiannya sederhana, untuk obat yang diminum, rebus 15-30 gram herba meniran kering atau 30-60 gram herba segar. Lalu, air rebusannya diminum. Cara lain, tumbuk herba meniran segar, lalu peras. Air yang terkumpul diminum. Untuk pemakaian luar, cuci herba segar, lalu giling sampai halus. Bubuhkan bahan tersebut ke tempat yang sakit, kemudian dibalut.

Berikut beberapa ramuan meniran :

Badan Bengkak Akibat Radang Ginjal
Cara pembuatan obatnya: Cuci bersih 50 gr meniran segar, rebus dalam 3 gelas hingga tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin, saring dan minum masing-masing ½ gelas, pagi, siang, dan malam.

Batu Saluran Kencing
Cara pembuatan obatnya: Cuci bersih masing-masing 30 gr meniran, daun sendok, dan tempuyung. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan minum masing-masing 1 gelas, pagi dan sore.

Nyeri Sewaktu Kencing
Cara pembuatan obatnya: Cuci 30 gr meniran dan daun kumis kucing. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin, saring dan minum masing-masing ½ gelas, pagi, siang, dan malam.

Disentri
Cara pembuatan obatnya: Cuci bersih 30-60 gr meniran. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.

Hepatitis
Cara pembuatan obatnya: Cuci bersih 30-60 gr meniran, rebus dengan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan setiap hari selama 1 minggu.

Rabun Senja
Cara pembuatan obatnya: Cuci bersih 15-20 gr meniran, lalu ditim dengan 2 potong hati ayam. Setelah dingin, makan hatinya dan minum airnya.

Cara pemakaian: Sediakan 1 sendok makan daun meniran segar dan 7 lembar daun kumis kucing, cuci sampai bersih. Rebus dengan dengan 1 gelas air hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.

Demikian ulasan mengenai Pongobatandan Khasiat Herbal Meniran, temukan informasi menarik lainnya hanya di http//rianisyahriani01.blogspot.com

2 comments:

Anonymous said...

thanks kak
kunjungi blog http://lanazalia.blogspot.com
full comedy diary

alan said...

thanks kak
kunjungi blog http://lanazalia.blogspot.com
full comedy diary