Saturday, June 7, 2014

Pengobatan dan Khasiat Herbal Beluntas




Beluntas merupakan Semak atau setengah semak. tumbuh tegak tinggi sampai 2 meter, kadang-kadang lebih. Percabangan banyak, berusuk halus dan berbulu lembut. Tumbuh liar di tanah tandus dan jelek, atau ditanam sebagai pagar. Terdapat sampai 1.000 meter diatas permukaan laut. Daun bertangkai pendek, letak berseling, bentuk bundar telur sungsang, ujung bundar melancip, bergerigi warna hijau terang. Bunga keluar di ujung cabang dan di ketiak daun berbentuk bunga bonggol bergagang atau duduk, warna ungu. Buah longkah agak berbentuk gasing, warna coklat dengan sudut putih, lokos.

Beluntas memiliki nama-nama yang berbeda pada setiap daerah. Orang melayu menyebutnya beluntas, sedangnya di sunda disebut baluntas, baruntas , di jawa disebut luntas , orang madura menyebutnya baluntas, lamutasa sebutan orang makasar, dan masih banyak lagi sebutan lainnya.
Berikut khasiat herbal dari Beluntas bagi kesehatan :

Anti Bakterial
Daun beluntas merupakan daun yang mengandung banyak mineral mulai dari magnesium, fosfor, kalisum, dan natrium. Setelah diuji oleh Davis Stout, maka diketahui bahwa daun beluntas mampu mencegah berbagai jenis bakteri untuk merusak tubuh anda. Bakteri dari kelompok pathogen yang menyebabkan kecarucan makanan antara lain adalah Escheria coli, staphylocossus eureus, dan Bacillus cereus mampu dihancurkan berkat adanya ekstrak daun beluntas.

Bau Badan dan Bau Mulut
Apakah anda mempunyai masalah terhadap bau badan? Selain daun sirih, anda juga bisa menggunakan daun beluntas. Gunakan daun beluntas sebagai lalapan saat makan namun sebelumnya kukus terlebih dahulu. Selain bau badan, bau mulut yang membuat anda selalu minder juga akan hilang akibat adanya daun beluntas.

Keputihan Pada Wanita
Masalah serius yang kerap menjangkiti seorang wanita adalah keputihan. Untuk mengatasinya, anda bisa mengambil sebanyak 20 helai daun beluntas, kemudian rebus dengan segelas air serta satu akar tapak liman. Minum ramuan ini sebanyak dua kali setiap hari. juga, jika anda belum menemukan hal positif pada keputihan, gunakan daun sirih karena daun tersebut juga mampu mengatasi keputihan.

Nyeri Saat Haid
Nyeri saat haid adalah masalah yang begitu menganggu aktivitas. Untuk memberikan pengurangan terhadap rasa sakit, gunakanlah daun beluntas. Ciptakan ramuan daun beluntas dengan cara mengambil 20 helai daun dan rebus dengan satu gelas air. Berikan asam dan garam dalam takaran yang sedikit dan minum ramuan tersebut.

Demam
Apakah anda atau anak anda sering mengalami demam? Daun beluntas bisa membantu meredakannya. Gunakan 15 gram daun beluntas kemudian rebus dengan air dan minum ramuannya selagi hangat.

Demikian ulasan mengenai Pengobatan dan Khasiat Herbal Beluntas, temukan informasi menarik lainnya hanya di http//rianisyahriani01.blogspot.com