Friday, November 29, 2013

Info Tentang Resiko Pernikahan Sedarah

Pernikahan sedarah merupakan suatu pernikahan yang lazim, namun ditinjau dari sisi medis ternyata menimbulkan resiko penyakit yang bisa timbul pada keturunan dari hasil pernikahan. Oleh para ahli, perkawinan sedarah atau keluarga dekat inilah yang dikaji oleh ahli genemia dan fisiologia genetika yang berkaitan khusus dengan janin hasil dari pernikahan saudara dekat.

Seorang ahli dari University of Hawaii bernama Derman Lieberman dalam Live Science menyatakan bahwa pernikahan dengan keluarga dekat mengakibatkan anak memilki umur pendek. Pernyataan tersbut diperkuat oleh data Prof. Alan Bittles, Direktur dari pusat genetik manusia di Perth, Australia bahwa pernikahan dengan keluarga dekat beresiko kematian meningkat hingga 1,2 persen.

Melalui liputan di BBC, ia mengungkapkan bahwa apabila dua orang yang membawa gen resesif mereproduksi, maka anak-anak memiliki kesempatan mengalami kelainan serta memiliki kesempatan menjadi carrier yang sangat beresiko. Perkawinan sedarah membuka peluang besar untuk menghasilkan keturunan yang tidak normal (cacat). Bila bayi yang lahir dari hasil perkawinan sedarah normal secara fisik, biasanya anak hasil perkawinan sedarah ini banyak yang mengalami penyaki-penyakit yang diturunkan seperti hemophilia dan talasemia.

Hal yang sama di ungkapkan pula oleh pakar andrologi dan seksologi prof. Dr. Randanan bandaso, SpAnd. Pernikahan denga saudara atau keluarga dekat sangat beresiko dan memaparkan bahwa pada hakikatnya setiap manusia memiliki kromosom-kromosom pembawa sifat. Baik sifat yang baik maupu sifat buruk. Di contohkan dengan penyakit albino sebagai resiko pernikahan dengan keluarga dekat. Sebagai contoh memiliki keturunan penyakit albino, lalu menikah dengan saudara dekat secara otomatis juga memiliki kromosom yang bisa menghasilkan keturunan albino. Adapun penyakit seperti diabetes mellitus (DM) atau gula dan kanker yang dimiliki oleh pasangan suami istri memungkinkan keturunannya terserang penyakit yang sama.

Hampir semua penyakit karena genetik, meski tidak semua menurun tapi dalam pernikahan antara keluarga dekat akan sangat beresiko. Disamping penyakit genetik yang ditimbulkan dari perkawinan dengan keluarga dekat, juga akan berdampak pada keluarga besar. Jika terjadi konflik dalam rumah tangga pasangan ini, bisa memecah keluarga besar dengan kata lain rawan putus hubungan silaturahmi.

Demikian sedikit info tentang resiko yang akan ditimbulkan dari pernikahan sedarah atau keluarga dekat. Semoga ini menjadi informasi bermanfaat bagi para pembaca. Info lain tentang pengetahuan umum silahkan link ke rianisyahriani01.blogspot.com