Thursday, November 14, 2013

Cara Tips Mudah Mencegah Diare


Memaski musim pancaroba, kondisi cuaca mulai tidak menentu mengakibatkan kuman seperti bakteri dan virus berkembang banyak secara cepat diluar kondisi normal. Perkembangan kuman yang tidak terkontrol akan mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit. Penyakit yang sering timbul di musim pancaroba seperti diare.

Timbulnya penyakit diare terutama disebabkan oleh terjadinya penyebaran kuman dengan mudah melalui makanan, mnuman maupun melalui tubuh.
Ketika diare sudah menyerang kita, ini sangat mengkhawatirkan dan menyebabkan turunnya kondisi tubuh karena dapat bersifat akut dan berlangsung hingga 14 hari. Diare ini meliputi inflamatorik dan non inflamatorik.

Diare inflamatorik adalah diare peradangan usus dengan gejala feses berlendir. Gajala lainnya, feses terkadang disertai darah dan penderita mengalami sakit perut. Sedangkan diare non inflamatorik adalah diare dengan gejala BAB lebih sering sehingga berakibat dehidrasi. Terkadang BAB berlangsung sampai sepuluh kali.

Mengetahui penyebab timbulnya diare akan membuat kita lebih mudah untuk mencegah diare. Cara mudah untuk mencegah timbulnya diare dengan cara menjaga kebersihan diri, makanan/minuman dan lingkungan. Sebaiknya makanan selalu terhindar dari hewan pembawa kuman seperti lalat. Disamping itu, juga perlu selektif memilih jenis makanan. Jangan mengkomsumsi makanan yang mengandung bahan kimia berupa pengawet dan lainnya karena dapat menganggu pencernaan.

Menjaga kebersihan diri menjadi salah satu cara jitu untuk mencegah timbulnya penyakit diare. Yang paling penting dalam menjaga kebersihan diri adalah dengan rutin mencuci tangan. Kebersihan tangan harus tetap terjaga karena tangan kita akan terkontak langsung dengan makanan ketika di konsumsi. Mencuci tangan juga akan mencegah agar kuman tidak mudah masuk kedalam tubuh.
       
Demikian tips mudah tentang cara mudah mencegah diare, karena sejatinya lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga tulisan ini bermanfaat dan tetapmenjaga pola hidup sehat. Selamat mencoba semog terhindar dari penyakit yang timbul dari perubahan musim seperti diare. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com