Tuesday, November 26, 2013

Cara Tips Mudah Cegah Insomnia


Insomnia merupakan gangguan yang dialami oleh seseorang yang menyebabkan sulit tidur pada malam hari. Gangguan ini jelas menyiksa bahkan banyak kalangan bahwa insomnia merupakan sebuah penyakit, apalagi yang terkena adalah orang yang harus bangun untuk beraktifitas di pagi hari. Orang insomnia disebabkan oleh tingginya beban pikiran sampai akhirnya secara psikologis mengganggu waktu tidur.
Jiwa dan raga merupakan kesatuan yang tidak bisa di pisahkan, jadi sangat berbahaya jika salah satunya tertanggu. Pengaruh insomnia ini akan berd
ampak buruk bagi jiwa dan raga apabila berlangsung lama. Insomnia yang terjadi pada raga akan berdampak buruk pula pada jiwa si penderita insomnia.
Namun gangguan tersebut dapat diatasi secara sederhana dan mudah untuk di lakukan. Hal yang dapat dilakukan untuk terhindar dari penyakit insomnia adalah dengan cara pencegahan. Beberapa cara atau tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi derita insomnia.

Singkirkan Gadget
Menyingkirkan benda seperti gadget memang sangat sulit karena hampir setiap hari selalu selalu menggunakan gadget. Namun tidak disadari bahwa salah satu penyebab insomnia adalah karena penggunaan gadget yang berlebihan terlebih lagi pada malam hari. Orang yang kecanduan dengan gadget terutama pada malam hari akan sulit melakukan istirahat, sehingga ini menjadi penyebab insomnia. Jadi untuk menghindari gangguan tersebut sebaiknya dikurangi bahkan gadget disingkirkan penggunaannya pada malam hari.

Hindari Begadang
Terhindar dari insomnia dapat dlakukan dengan tidur secara teratur. Terlalu sering tidur larut malam dan jadwal tidur tidak teratur dapat menjadi penyebab sulit tidur pada malam hari.

Olahraga
Cara lain untuk mengatasi adalah dengan rajin berolahraga. Kita tentunya sudah tahu jika olahraga dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan serta dapat mencegah berbagai mancam gangguan-gangguan kesehatan termasuk gangguan tidur.

Baca Buku atau Dengar Musik
Baca buku atau bacaan lain, disamping dapat menambah pengetahuan ternyata dapat pula mengatasi gangguan insomnia. Setelah membaca cukup lama akan membuat pula merasa bosan sehingga membuat bosan dan lelah. Di samping itu dapat pula dilakukan dengan mendengar musik. Musik yang baik di dengar dan dapat menimbulkan rasa ngantuk adalah musik melow.

Demikian sedikit cara atau tips yang dapat dilakukan bagi orang yang mengalami gangguan insomnia. Semoga cara ini dapat bermanfaat dan apabila insomnia itu terus terjadi maka harus refleksi pada diri. Bila sudah menjadi penyakit perlu memeriksakan diri secara medis untuk memperoleh penanganan secara baik. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com