Friday, November 29, 2013

Info Tentang Peristiwa Alam Ekstrim Dalam Sejarah

Perubahan kondisi alam memang harus diwaspadai karena dapat berubah sewaktu-waktu. Seketika panas, namun kemudian dapat cuaca dapat berubah seketika dan perubahan yang terjadi secara ekstrim dapat berakibat buruk pada mahluk hidup. Anomali cuaca juga dapat menyebabkan terjadinya perubahan kondisi alam. Beberapa peristiwa alam yang pernah tecatat dalam sejarah diantaranya :

Tahun Tanpa Musim Dingin
Pada tahun 1816, Gunung Tambora di Sumbawa, Indonesia meletus dan melepaskan abu dan debu yang menyelimuti atmosfer hingga ke seluruh dunia. Dasyatnya letusan ini, mengakibatkan matahari menjadi terhalang. Negara-negara di Eropa Barat, Amerika Timur Laut dan Kanada pun terhalang sinar matahari. Akibat peristiwa itu akhirnya mengalami musim dingin yang beku hingga Mei dan Juni 1816 yang semestinya sudah memasuki musim hangat. Bahkan sampai pada Juli dan Agustus danau-danau masih terlihat beku.

Salju Ajaib
Pada 19 Januari 1977, Penduduk Homestead, Florida benar-benar kaget ketika mereka melihat salju yang jatuh di kota mereka. Penyebabnya karena turunnya salju untuk pertama kalinya di kota tersebut. Penduduk kemudian khwatir karena banyak tanaman mati membeku.

Gelombang Panas Rusia
Pada musim panas 2010, Rusia mengalami panas yang tak tertahankan yang mencapai suhu hingga 40 derajat celcius bahkan lebih dan terjadi pada beberapa daerah. Diperkirakan lebih dari 15.000 orang meninggal karena pengaruh panas dan kebakaran hutan. Periode panasnya berlanjut sampai periode Juli dan Agustus.

Alberta Chinook
Provinsi Alberta, Kanada mengalami perubahan cuaca dengan suhu udara yang hangat atau lebih dikenal dengan sebagai Chinook yang terjadi pada 27 Februari 1992. Alberta Selatan menjadi sangat hangat di bawah sinar matahari hingga seperti musim panas dengan suhu tertinggi mencapai 22, 6 derajat Celcius. Sementara ditanggal yang sama pada tahun-tahun sebelumnya, Alberta hanya bersuhu 1,3 derajat Celcius.

Kenaikan Suhu Drastis
Pada 22 Januari 1943, Spearfish, Dakota Selatan, AS mengalami sebuah lonjakan suhu dari -20 dejarat Celcius menjadi +7 derajat Celcius dalam waktu 2 menit saja.

Demikian tulisan tentang Info Tentang Peristiwa Alam Ekstrim Dalam Sejarah, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com