Sunday, November 24, 2013

Cara Mengetahui Sebelas Dampak Negatif Games


Seyogyanya game atau video game belum cocok diperkenalkan pada anak di bawah lima tahun (balita). Memperkenalkan game sejak dini pada balita akan berdampak negatif terhadap aktifitas sosial anak. Ketika cepat mengenal game, anak akan lupa pada aktifitas sosialnya berupa tata karma dan sopan santun. Disamping itu akan mengikis jiwa bergaulnya terhadap lingkungan sekelilingnya.
Apabila anak hendak mengenal game sebaiknya pada usia sembilan atau sepuluh tahun. Itu juga disarankan untuk membatasi durasi
dan jenis gamenya. Sebaiknya memperkenalkan game dengan jenis yang bertujuan untuk melatih ingatan.
Bermain game yang berlebihan ternyata mempunyai dampak bagi gamer. Berikut sepuluh dampak negatif main game :

Kurang Tidur
Kenapa berakibat kurang tidur? Banyak anak mengorbankan waktu berharganya untuk tidur dialihkan untuk bermain video game. Pecandu video game yang kurang tidur akan berbahaya pada kesehatannya.

Merusak Mata
Pecandu video game akan selalu berkonsentasi untuk fokus menatap layar dari game yang dimainkan. Tanpa disadari akan membuat mata lelah menyebabkan secara perlahan merusak mata bahkan kondisi terparahnya menyebabkan kebutaan.

Hidup Kotor
Bila anak sudah kecanduan video game, orang mulai mengabaikan segala hal termasuk kebersihan pribadi. Orang yang kecanduan akan malas mandi, maupun aktifitas lain yang berhubungan dengan kebersihan sehingga menyebabkan kulit kotor dan berjerawat hingga penyakit gigi.

Isolasi Diri
Orang yang main game secara berlebihan biasanya akan menutup diri dari dunia luar. Cenderung mengasingkan diri dari lingkungan keluarga dan teman sekitarnya.

Depresi
Diawal memang main game terasa menyenangkan pada tanpa disadari perlahan akan mengalami depresi. Perlahan penyakit ini akan merayapi secara cepat ketika sudah diperbudak oleh kecanduannya bermain game.

Stres
Kondisi stress akan menghingapi gamer yang biasanya disebabkan oleh obsesi untuk memenangkan video game. Namun ketika gagal memenangkan level-level selanjutnya akan menyebabkan stres berlebihan.

Sakit Pada Jari
Bermain game dalam waktu yang lama juga menyebabkan gangguan fisik. Video game menyebabkan masalah pada daerah tangan terutama jari jemari.

Makan Kurang Sehat
Orang yang kecanduan game akan merubah pola makannya. Gamer akan beralih ke makanan cepat saji dan memilih makanan instan.

Perilaku Agresif
Video game menjadi pelepasan agresifitas dalam diri pecandu game. Bentuknya berupa ambisi untuk menguasai dan memenangkan permainan. Bagi mereka yang sudah kecanduan, sikap agresifitas tanpa disadari akhirnya mereka praktekkan dalam kehidupan nyata.

Gaya Hidup Buruk
Orang yang sudah kecanduan dengan game akan mencurahkan seluruh waktunya untuk berada di depan layar bermain game. Pecandu akan akan duduk atau berbaring dalam praktek kesehariannya.

Berbohong
Berbohong merupakan salah satu cara pecandu video game untuk menutupi perilaku abnormalnya. Ini adalah salah satu tanda seseorang telah kecanduan penuh oleh video game. Akhirnya mereka berbohong pada diri sendiri dan menyangkal bahwa mereka tidak memiliki masalah.

Demikian tulisan tentang Cara Mengetahui Sebelas Dampak Negatif Games, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com