Sunday, November 24, 2013

Cara Tips Mencegah Diabetes Sedini Mungkin


Diabetes atau lebih populer dengan sebutan penyakit gula merupakan penyakit yang disebabkan karena kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolism dalam tubuh. Penyakit ini bukan hanya menyerang orang dewasa, akan tetapi kasus yang mengua bahwa penyakit kencing manis kemudian banyak menyerang remaja bahkan anak-anak. Untuk mencegah timbulnya diabetes sedini mungkin, berikt beberapa cara atau tips yang dapat diterapkan :




Pertahankan Berat Badan
Sebagian besar orang yang didiagnosa mengidap diabetes biasanya memiliki berat badan lebih. Kelebihan berat badan dan lemak tubuh akan meningkatkan resiko terkena diabetes.

Ketahui Riwayat Kesehatan Keluarga
Kemungkinan seseorang terkena diabetes dikemudian hari akan meningkat jika di dalam keluarga terdapat satu atau lebih anggota yang menderita diabetes. Faktor penyakit diabetes itu bisa karena keturunan.

Olahraga
Olahraga teratur bisa membantu mencegah diabetes dengan mengontrol berat badan dan meningkatkan aliran darah. Olahraga sangat penting terutama jika secara genetik seseorang termasuk kelompok dengan faktor resiko tinggi.

Konsumsi Buah-Buahan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bioflavonoid, zat warna dalam buah-buahan dan sayuran akan merangsang produk insulin dan menghambat glikasi atau proses pemecahan ikatan molekul glukosa dengan protein sehingga merangsang penbentukan advanced glycation end products (AGE).

Demikian tulisan tentang Cara Tips Mencegah Diabetes Sedini Mungkin, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com