Thursday, November 7, 2013

Contoh Laporan Pelatihan Kegiatan


LAPORAN
PELATIHAN BKAD DAN PL
T.A. 2012
A. Pendahuluan
          Segala puji bagi Allah SWT yang Maha Sempurna dan Maha Pencipta seluruh umat. Dialah yang memberi kita kesempatan dan kesehatan untuk menjalankan tugas-tugas kita sebagai mahluk yang hidup di dunia ini serta petunjuk untuk menjalankannya. Salam dan salawat juga senantiasa tercurah juga kepada Nabi Muhammad SAW, nabi junjungan kita yang membawa petunjuk atas jalan kita juga membawa kecerahan umat manusia dari alam jahiliah ke alam yang terang benderang sampai akhir masa.
         Sudah menjadi kewajiban umat manusia untuk bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah mereka lakukan, Atas dasar ini kami sebagai panitia pelatihan yang telah melaksanakan tugas walaupun belum dalam kesempurnaan mengemukakan pertanggungjawaban kami. Kami berharap ada penilaian yang objektif setelah memaparkan pertanggungjawaban Pelatihan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dan Pendamping Lokal (PL), baik itu pertanggungjawaban keuangan maupun kegiatan dari tugas-tugas yang telah diamanahkan kepada kami dari yang memberi amanah (UPK, BKAD, PJOK & Fasilitator) dan yang terkhusus Allah SWT.
B. Latar Belakang
         BKAD adalah lembaga lintas desa yang dibentuk secara sukarela atas dasar kesepakatan dua atau beberapa desa di satu wilayah dalam satu kecamatan dan atau antar kecamatan dengan suatu maksud dan tujuan tertentu. BKAD pada awalnya dibentuk untuk melindungi dan melestarikan hasil-hasil program yang terdiri dari kelembagaan UPK, sarana dan prasarana, hasil kegiatan bidang pendidikan, hasil kegiatan bidang kesehatan dan perguliran dana. BKAD berkembang sebagai lembaga pengelola pembangunan partisipatif, pengelola kegiatan masyarakat, pengelola aset produktif dan sumberdaya alam serta program/proyek dari pihak ketiga yang bersifat antar desa.
         Dalam hubungan dengan lembaga-lembaga bentukan PNPM Mandiri Perdesaan (UPK, BP-UPK, TV, KPMD, TPK dan lainnya) BKAD menjadi jalan keluar dari masalah statute dan payung hukum. BKAD menjelaskan tentang status kepemilikan, keterwakilan dan batas kewenangan. Dalam kaitan dengan UPK, maka fungsi BKAD adalah merumuskan, membahas dan menetapkan rencana strategis untuk pengembangan UPK dalam bidang pengelolaan dana bergulir, pelaksanaan program dan pelayanan usaha kelompok. BKAD juga berperan dalam pengawasan, pemeriksaan serta evaluasi kinerja UPK.
          Pendamping Lokal (PL) adalah tenaga pendamping dari masyarakat yang membantu FK/FT untuk memfasilitasi masyarakat dalam melaksanakan tahapan dan kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelestarian. Di setiap kecamatan akan ditempatkan satu orang Pendamping Lokal.
         Olehnya itu kelembagaan ini perlu diberi penguatan kepada pelaku atau SDMnya sehingga paham tentang konsepsi PNPM Mandiri Perdesaan, konsep pemberdayaan dan mampu mengembangkan lembaganya. Atas dasar tersebut, maka perlu dilaksanakan penguatan melalui pelatihan BKAD dan PL sehingga proses dan tahapan pelaksanaan kegiatan terlaksana dengan baik.

C. Tujuan
     Tujuan dari kegiatan pelaksanaan pelatihan BKAD dan PL adalah :
     1. Meningkatkan kemampuan SDM (pengetahuan dan keterampilan) pelaku
     2. Memberikan penjelasan/pemahaman dasar dan motivasi kepada pelaku dalam melaksanakan                        tupoksinya
     3. Menjadi wadah curah pendapat pelaku PNPM Mandiri Perdesaan
     4. Menyamakan persepsi terhadap aturan/regulasi dalam pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri                        Perdesaan
D. Sasaran
     Sasaran dari kegiatan pelatihan BKAD dan PL adalah :
     1. Pengurus BKAD Se-Kabupaten Takalar
     2. PL Se-Kabupaten Takalar
E. Waktu dan Tempat
     Pelatihan BKAD dan PL dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu Kamis – Jum’at, 12 – 13 Juli 2012              bertempat di Hotel Pasanggrahan Malino.
F. Anggaran Biaya
    Adapun anggaran biaya pelatihan BKAD dan PL adalah Rp. 15.570.000 dengan perincian terlampir.
G. Undangan
     Adapun undangan adalah pengurus BKAD dan PL Se-Kabupaten Takalar, Penyampaian kapada Bapak      Bupati Takalar, Penyampaian kepada Adprop, permintaan moderator kepada fasilitator kecamatan,              tembusan dan pertinggal sebagaimana terlampir.

H. Jadwal Kegiatan dan Matriks Kurikulum
    Jadwal kegiatan dan matriks kurikulum pelatihan BKAD dan PL (terlampir)
I. Materi Pelatihan
   Materi Pelatihan BKAD dan PL (terlampir)
J. Laporan Proses Pelaksanaan Pelatihan
    Atas nama panitia, kami melaporkan situasi dan kondisi jalannya pelaksanaan pelatihan mulai dari pra           sampai pasca pelaksanaan pelatihan. Dalam laporan ini secara berturut-turut akan dilaporkan beberapa         komponen yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung yang turut mempengaruhi proses           pelaksanaan pelatihan.
1. Kondisi Peserta
    Peserta yang mengikuti pelatihan adalah pengurus BKAD sebanyak 27 orang dan PL 9 orang Se-                 Kabupaten Takalar.

2. Kondisi Narasumber dan Moderator
    Narasumber pada pelatihan BKAD dan PL T.A. 2012 terdiri dari Faskab, Fastekab dan Faskeu.                 Adapaun yang menjadi moderator sekaligus notulensi adalah FK Sanrobone, FK Polsel dan FK Galsel.       Pada saat pelaksanaan kegiatan, narasumber dan moderator hadir dan melaksanakan tupoksinya masing-     masing.
3. Kondisi Panitia
    Panitia yang dibentuk terdiri dari 3 orang, terdiri atas Ketua (UPK Galut), Sekretaris (UPK Sanrobone)
    dan Bendahara (UPK Polsel). Setelah terbentuk kepanitiaan Pelatihaan BKAD dan PL, telah melakukan       konsolidasi internal kepanitiaan dengan mempertegas tupoksi masing-masing dan selanjutnya mengadakan     evaluasi terhadap hal-hal yang dilaksanakan dalam kepanitiaan. Secara umum kerjasama kepanitiaan mulai     dari persiapan sampai pelaksanaan dan berakhirnya kegiatan pelatihan BKAD dan PL sudah berjalan           sesuai rencana, walaupun menghadapi kendala namun dapat diatasi sehingga dapat terlaksana tahapan           demi tahapan.
4. Proses Pelaksanaan
    a. Materi Pelatihan
      No                         Pokok Bahasan                                    Ket.
       1.   Bina Suasana                                                               BKAD/PL
       2.   Refleksi Penerapan Prinsip PNPM-MP
             Dalam Aktualisasi Peran Pelaku                                   BKAD/PL
       3.   Refleksi TUPOKSI BKAD dan PL                             BKAD/PL
       4.   Pola Penanganan Penganduan dan Masalah                  BKAD/PL
       5.   Pengembangan Jaringan                                                BKAD
       6.   Inovasi Fasilitasi                                                            PL
       7.   Audit Internal                                                                BKAD/PL

b. Proses Fasilitasi

c. Hasil dan Pembahasan

K. Dokumentasi
   
(Terlampir)

Demikian tulisan tentang Contoh Laporan Pelatihan Kegiatan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com