Sunday, November 24, 2013

Cara Tips Mengatasi Tidur Mengorok


Mengorok atau mendengkur (sleep upnea) merupakan suatu keadaan dimana orang dalam kondisi tidur dan mengeluarkan suara yang disebabkan oleh getaran yang dibuat oleh udara yang mengalami kesulitan ke dalam rongga paru-paru. Kejadian ini disebabkan menyempitnya saluran udara dari hidung, tenggorokan sampai masuk kedalam tubuh. Kondisi ini akan sangat mengganggu terutama orang-orang yang ada disekitar kita apalagi dalam kondisi tidur. Bahkan banyak yang menganggap kalau mengorok merupakan penyakit
Untuk mengatasi kebiasaan mengorok, ada beberapa cara atau tips sederhana yang dapat dilakukan tanpa membuang waktu biaya. Berikut cara yang dapat dilakukan :

Posisi Miring
Upayakan pada saat akan tidur, cobalah dengan mengambil posisi miring, terutama miring ke kanan. Miring ke kanan di maksudkan agar selain dapat mengatasi mengorok, juga dapat mengikuti cara tidurnya Rasulullah yang tidur dengan posisi tubuh miring ke kanan.

Kepala di Tinggikan
Meninggikan kepala pada saat tidur bertujuan untuk melonggarkan saluran pernafasan. Dengan longgarnya saluran pernafasan, tentunya akan merasa nyaman. Hal ini lebih di tekankan bagi orang yang berbadan gemuk, karena yang paling sering mengalami tidur mengorok adalah orang yang gemuk.

Kurangi Berat Badan
Mengupayakan menurunkan berat badan walaupun hanya sedikit. Hal ini bisa mengurangi jaringan lemak di bagian belakang tenggorokan dan mengurangi atau bahkan bisa membuat anda berhenti mendengkur. Anda bisa melakukannya dengan program diet ataupun olahraga.

Hindari Merokok
Menghindari merokok karena dapat menganggu sistem pernafasan dan akan menyebabkan mengorok. Disamping itu bahaya dari mengorok akan meningkat bila disertai dengan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Jangan Terlalu Lelah
Bagi yang sering mengorok, coba usahakan untuk tidak terlalu bekerja berat. Orang yang tidak mengorok sekalipun terkadang mengorok jika kondisi badannya terlalu lelah.

Konsultasi
Hal yang paling penting yang perlu dilakukan apabila mengorok sudah berlebihan. Cobalah untuk melakukan konsultasi ke dokter untuk mencari solusi mengatasi tidur mengorok.

Demikianlah informasi singkat tentang cara tips mengatasi tidur mengorok, semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com