Tuesday, November 26, 2013

Cara Mengetahui Manfaat Skipping


Skippinag atau lompat merupakan salah satu jenis latihan kardio (latihan penguatan jantung) sederhana yang berdampak besar pada tubuh. Mari kita menganalogikakan, dengan lompat tali selama 10 menit akan membakar kalori setara dengan jogging 8 menit per mil. Disamping itu olahraga ini mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Berbicara harga peralatan murah dan terjangkau, awet, mudah dibawa.

Untuk melakukan olahraga skipping tidaklah sulit. Yang sering terjadi pada pemula biasanya masih sering tersangkut, dengan berlatih dan konsentrasi akan menjadi mahir. Melakukan lompat tali dapat dilakukan sebagai berikut :
Cara Skipping
• Berdiri tegak dengan kedua tanganmemegang ujung tali.
• Tempatkan tali dibelakang tubuh sebagai awal.
• Lompat sebanyak 30 repetisi sambil mengayunkan tali ke depan.
• Istirahat selamat 30 detik.
• Kemudian lakukan lagi 30 repetisi, dengan mengayunkan tali ke belakang.
• Lakukan sebanyak 4 – 8 set atau sesuai dengan kemampuan.
• Memulai berlatih skipping jika belum pernah melakukan sebelumnya, cobalah melakukan tanpa menggunakan tali. Konsentrasikan diri untuk melakukan gerakan seakan-akan sedang berlatih menggunakan tali. Memutar pergelangan tangan bersamaan dengan lompatan. Hal ini akan membuat kita beradaptasi sebelum siap untuk melakukan skipping sesungguhnya.

Namun terpenting dari olahraga skipping adalah manfaat olahraga ini. Mengetahui manfaat olahraga lompat tali akan membuat kita untuk bersemangat melakukan aktifitas tersebut kapan dan dimana pun. Beberapa manfaat dari skipping sebagai berikut :

Pembasmi Lemak
Skipping dapat membantu kita memangkas kalori bahkan hingga 450 kalori meskipun hanya dilakukan dalam waktu 30 menit.

Mempromosikan Kegiatan Kardiovaskular
Tidak hanya sekedar melompat, skipping juga menyertakan gerakan yang baik bagi organ kardiovaskular. Setiap lompatan diketahui mampu membuat jantung lebih sehat dan kuat. Pasalnya, dengan skipping akan banyak memompa darah, memberikan oksigen yang pada akhirnya akan menutrisi ke jaringan tubuh.

Melawan Osteoporosis
Osteoporosis menjadi salah satu momok menakutkan saat usia senja. Dengan latihan skipping sejak dini, resiko tersebut akan semakin diminimalisir. Skipping dipercaya dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membantu menjaga dari serangan osteoporosis. The Osteoporosis Socienty menyebutkan bahwa aktifitas fisik seperti melompat secara rutin akan menguatkan struktur tulang yang pada akhirnya akan menjauhkan seseorang dari resiko osteoporosis.

Meningkatkan Fokus
Bukan hanya sekedar menyehatkan tubuh dengan harga yang murah. Latihan skipping juga akan membantu untuk tetap fokus dalam mengerjakan tugas sekalipun. Menyeimbangkan antara ayunan tangan dan lompatan kaki akan meningkatkan konsentrasi. Otak secara otomatis mengatur fokus dan melatih pergerakan tangan dan kaki sekaligus.

Murah
Manfaat lain yang membuat kita senang adalah olahraga yang hampir tanpa biaya. Olahraga ini pun bisa dlakukan dimana saja dan kapan saja. Terlebih lagi bisa tanpa biaya apapun. Skipping dapat menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan tanpa harus pergi ke tempat senam dan tidak membutuhkan tempat yang luas.

Demikian manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga murah “skipping” semoga informasi ini dapat menjadi inspirasi dalam menjaga kesehatan sehari-hari. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat mencoba. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com