Wednesday, November 27, 2013

Cara Tips Tetap Sehat Dengan Handphone



Ketika hidup kita sudah mengalami ketergantungan dengan gadget maka harus berhati-hati. Selain berdampak pada hilangnya interaksi sosial dengan dunia nyata juga memberikan dampak negatif bagi kehidupan berupa dampak penurunan kualitas kesehatan. Hasil sebuah penelitian dalam buku International Agency for Research on Cancer yang dilakukan oleh para ilmuan di Denmark, Finland, Norway, Sweden dan Inggris ditemukan bahwa orang yang menggunakan handphone selama lebih dari 10 tahun memiliki resiko terkena glioma pada bagian kepala yang sering digunakan untuk menelepon. Glioma adalah tumor yang menyerang otak. Bahkan tidak hanya menyebabkan tumor dan kanker, tapi juga memperbesar resiko migrain dan vertigo.

Bukan Cuma itu dampak radiasi dari handphone, tapi juga akan berpengaruh pada tingkat kesuburan ketika diletakkan dengan dengan organ reproduksi. Aliran sinar elektromagnetik handphone sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kemandulan.

Penyebab timbulnya penyakit oleh karena radiasi. Radiasi merupakan energi yang dipancarkan dalam bentuk partikel atau gelombang. Salah satu penyebab timbulnya radiasi adalah berasal dari handphone. Untuk menghindarkan diri dari kontak langsung dari radiasi beberapa cara atau tips yang dapat dilakukan agar tetap sehat dengan handphone.

Gunakan Headset
Menggunakan headset sering dilakukan dalam berkomunikasi dalam hal menelepon atau menerima panggilan telepon. Padahal tidak disadari bahwa inilah cara yang paling mudah untuk menangkal radiasi handphone. Tentu saja, kita tidak bisa menolak untuk menerima panggilan telepon. Namun ketika masih khwatir, sebaiknya gunakanlah headset.

Jangan Selalu Menempel
Handphone yang digunakan boleh saja menjadi gadget kesayangan dan selalu bersama dengan pemiliknya. Namun untuk kesehatan yang lebih baik, sebaiknya kita menghindari untuk selalu menempel dengan handphone tersebut.

Diam Saat Menelepon
Ketika menelepon atau menerima telepon hindari untuk berjalan-jalan. Dalam keadaan bergerak, maka sinyal handphone akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari BaseTransceiver Station (BTS). Pada saat mencari pancaran sinyal juga memancarkan radiasi yang kuat.

Gunakan Dua Telinga
Hindari penggunaan satu bagian telinga saat bertelepon. Misalnya pada saat bertelepon menggunakan telinga bagian kiri atau bagian kanan saja. Hal ini akan berdampak pada terjadinya migrain karena hanya menggunakan salah satu bagian telinga. Manfaatkan kedua telinga untuk meminimalisir radiasi yang terpancar.

Kurangi Bluetooth dan Headset Wireless
Menggunakan headset bisa menjadi pilihan untuk mengurangi radiasi handphone. Namun perlu diingat, headset yang dipilih yaitu yang masih menggunakan kabel untuk terhubung dengan handphone. Jangan menggunakan headset wireless, fitur Bluetooth di handphone jangan terus-menerus diaktifkan, gunakan seperlunya. Headset wireless maupun Bluetooth ketika diaktifkan akan selalu mencari pancaran sinyal kuat, hal ini akan membuat kita selalu terkena radiasi.

Demikian cara atau tips yang ditawarkan agar tetap sehat menggunakan handphone, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com