Wednesday, November 13, 2013

Cara Tips Mengolah Udang



Udang merupakan salah satu jenis bahan lauk yang lezat dan gurih dan dapat disajikan menjadi hidangan apa saja. Makan akan menjadi lezat dan gurih apabila diolah dengan baik. Kejelian untuk memilih udang yang berkualitas memang sangat di perlukan dan diperlukan juga teknik dalam membersihakan udang. Namun yang tidak kalah penting dalam yang perlu diketahui adalah cara mengolahnya. Untuk memilih udang berkulit haruslah kulit dan kepala tidak rusak dan masih utuh. Udang tidak berbau amis dan basuk, tekstur juga tidak lunak.


Mengupas
Untuk mengupas udang secara benar adalah melepaskan kepala udang, menggunting kulit udang bagian punggung sampai ke ekor. Sementara itu untuk udang kupas, harus berwarna jernih dan tidak berbau busuk. Agar memasak udang dengan baik maka dipastikan tekstur udang tidak menjadi keras dan rasanya manis serta pastikan untuk tidak memasaknya dalam waktu yang lama.

Kaldu Udang
Udang dapat pula dibikin menjadi kaldu. Kuah ini sangatlah gurih dan bisa digunakan untuk di jadikan berbagai jenis kaldu makanan. Cara membuatnya diawali dengan mengsangrai kulit dan kepala udang hingga berubah warna, lalu tuangkan air dan masak hingga airnya berkurang.

Membakar
Mengolah udang dengan cara dibakar juga cukup praktis, letakkan udang di atas alas pemotong dengan kaki udang menghadap keluar. Belah udang diantara dua sisi kaki sampai menyentuh kulit dengan menggunakan pisau yang tajam. Buka udang sampai rata dan cuci dengan menggunakan air mengalir. Beri bumbu dan panggang selama 4-5 menit. Oleskan bumbu selagi memanggang agar tidak ada pinggiran yang gosong.

Udang Rebus
Bagi yang tidak ingin menikmati olahan udang yang berminyak, bisa mengolah udang dengan cara diebus yang rasanya tidak kalah enak. Didihkan air, masukkan udang dan godok sampai 4 menit. Jangan tunggu sampai air mendidih lagi. Dengan demikian kulit udang tidak menempel pada daging udang.

Goreng Garing
Mengolah udang dengan cara goreng juga mantap dijadikan teman makan, sehingga banyak yang menyajikan lauk ini dalam bentuk goreng. Sebelum menggoreng pastikan agar udang tidak beku dan bisa mengeringkan udang denga lap dan lebih praktis dengan kertas tissue. Gunakan ¼ sendok teh zaitun dan bumbu sesuai selera. Goreng selam 3-5 menit dan ditambahkan dengan minyak sayur dengan minyak tidak terlalu panas sampai berwarna coklat keemasan.

Demikian tulisan tentang Cara Tips Mengolah Udang, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com