Friday, November 29, 2013

Cara Hindari Alergi Musim

Masih berbicara tentang musim, dimana ketika terjadi perubahan musim juga berpenagruh terhadap perubahan cuaca. Berbicara masalah perubahan musim terdapat juga penyakit yang dikenal dengan alergi musim. Kali ini kita akan membahas tentang cara menghindari alergi ketika terjadi perubahan musim.

Berbicara tentang alergi musim akan muncul pertanyaan tentang apa yang dimaksud alergi musim? Contoh alergi musim? Dan bagaimana cara menghidarinya?. Alergi musim merupakan alergi yang terjadi pada kita akibat terjadinya perubahan musim seperti musim panas dan musim dingin. Alergi musim bisa disebabkan oleh daya tahan tubuh yang sensitif. Misalnya sensitif terhadap cuaca yang terlalu panas, atau terlalu dingin, sensitif terhadap debu atau dapat pula sensitif terhadap serbuk bunga yang diterbangkan angin.

Karena suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin atau karena debu dan serbuk bunga yang tertiup oleh angin dapat menyebabkan alergi. Jenis alerginya berupa kena flu, bersin-bersin dan kulit gatal-gatal. alergi cuaca dingin dapatmenyebabkan bercak kemerahan dan bentol pada kulit yang rasanya sangat gatal. Alergi cuaca panas dapat menyebabkan iritasi kulit, mata dan hidung berair, serta gatal-gatal.

Untuk menghindari alergi yang disebabkan oleh perubahan musim berikut yang dapat dilakukan dengan melihat gejala yang terjadi pada kita. Ketika gejala tersebut muncul pada musim panas sebaiknya hindari memotong rumput atau berkebun saat musim panas. Karena akan menicu munculnya gejala alergi. Saat angin berhembus kencang sebaiknya segera tutup jendela dan pintu di rumah Anda, lalu gunakan pendingin ruangan untuk menghindari terkena serbuk pemicu alergi. Sedangkan alergi musim dingin atau hujan biasanya, dipicu sensitivitas tubuh terhadap jamur dan debu. Saat musim dingin, orang cenderung menghabiskan waktu dalam rumah. Jika rumah tidak bersih dan terdapat banyak debu dan jamur, maka akan memicu timbulnya alergi.

Bila mengalami alergi debu, sebaiknya ganti karpet di rumah Anda dengan alas yang berbahan baku kayu atau bahan lain yang mudah dibersihkan. Karena karpet dengan mudah menyimpan debu dan akan menempel dalam waktu lama dan harus dibersihkan secara teratur.

Yang terakhir dilakukan ketika alergi mulai muncul, sebaiknya konsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan tips, perawatan dan obat untuk meredakan alergi Anda. Biasakan gaya hidup bersih untuk mengurangi munculnya alergi.

Demikian tulisan tentang Cara Hindari Alergi Musim, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com