Sunday, December 1, 2013

Cara Tips Bugar di Usia Senja


Tampil tetap bugar sampai hari tua merupakan dambaan setiap orang. Namun untuk menjaga hal itu bukanlah sebuah perkara yang karena tentunya diperlukan pengetahuan tentang cara atau tips agar kita bisa tetap sehat dan bugar meskipun sudah tua. Untuk hidup tetap sehat dan bugar di hari tua, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

Makan Yang Pantas
Makan yang pantas dapat diartikan bahwa setiap makanan yang dimakan agar tidak berlebihan. Harus diseimbangkan antara energi yang masuk dengan energi yang digunakan melalui aktifitas fisik. Membudayakan pola makan, makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Perlu menyisakan 30-35 persen kondisi masih lapar untuk kemudian meninggalkan meja makan.

Beraktifitas Yang Cukup
Memasuki usia pun masih perlu tetap melakukan aktifitas yang cukup. Untuk mengcukupi takalaran diperlukan latihan atau olahraga tiga hingga lima kali seminggu. Adapun durasi yang dianjurkan dalam setiap latihan atau aktifitas olahraga antara 30 – 60 menit.

Berhenti merokok dan Berhenti Minum Minuman Beralkohol
Untuk menjaga kesehatan memang tidak di anjurkan untuk merokok apalagi minum minuman beralkohol. Tapi bagi yang terlanjur merokok maupun minum minuman beralkohol sebaiknya menghadiri bila sudah memasuki usia senja. Hal ini terkkait dengan kekebalan tubuh kita, memasuki usia senja sistem pertahanan tubuh mulai menurun sehingga agar tetap menjaga maka perlu dihindari kedua aktifitas tersebut karena akan memicutimbulnya berbagai penyakit.

Seimbangkan Mental dan Batin
Seimbangkan Mental dan Batin berarti berwatak lembut serta selalu mengendalikan nafsu amarah. Disamping untuk akan menjaga agar energy tidak terbuang kea rah yang negative seperti pada saat kondisi marah. Ada juga ungkapan yang mengatakan orang yang sering marah akan cepat tua.

Begitulah cara atau tips yang dapat dilakukan agar tetap sehat dan bugar meskipun usia sudah uzur. Bagi yang sudah memasuki usia senja selamat mengamalkan semoga berhasil dan bagi yang masih muda agar dapat menjadi informasi buat jaga-jaga di hari tua atau pun di sampaikan ke kakek neneknya. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com