Thursday, December 12, 2013

Info 5 Tempat Wisata Paling Populer di Sulawesi Selatan


Sulawesi Selatan adalah pintu gerbang untuk memasuki kawasan Indonesia bagian timur dengan Makassar sebagai ibukotanya dan berada di wilayah tengah di kepulauan Indonesia. Dalam melakukan kunjungan ke daerah Sul-Sel singkatan dari Sulawesi Selatan, wisatawan baik domestik maupun internasional selalu tertarik untuk mengunjungi objek wisata baik untuk rekreasi maupun untuk mengagumi keindahan alam. Sebelum melakukan kunjungan ke tempat wisata paling populer, berikut informasi buat pelancong yang hendak mengunjungi daerah Sul-Sel.

1. Pantai Losari
Pantai Losari merupakan icon Kota Makassar. Pantai ini dulunya merupakan pantai dengan meja terpanjang di dunia, karena warung-warung tenda yang berjejer di sepanjang tanggul pantai. Namun saat ini warung-warung tersebut telah direlokasi ke tempat yang tidak jauh dari kawasan wisata. Pemerintah Kota Makassar telah memperindah pantai ini dengan membuat anjungan, sehingga lebih bersih dan nyaman untuk dikunjungi. Di sekitar pantai ini terdapat banyak kafe-kafe dan restoran yang menyajikan makanan laut yang masih segar. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati makanan khas Kota Makassar, seperti pisang epek, pisang ijo, coto Makassar, sop konro, dan lain sebagainya. Disepanjang pantai banyak juga terdapat penginapan, baik hotel kelas melati sampai hotel berbintang. Terdapat juga rumah sakit dan pusat perbelanjaan emas serta kerajinan/souvenir khas Makassar. Lokasi pantai ini terletak di Jantung Kota Makasar, yaitu di Jalan Penghibur sebelah barat Kota Makassar.

2. Air Terjun Bantimurung (Maros)
Bantimurung sendiri, merupakan obyek wisata alam di Sulawesi Selatan yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Letaknya di wilayah Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasinya, terletak sekitar 20 km dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, 15 km dari kota Maros, dan 50 km dari Kota Makassar. Obyek wisata ini dapat dicapai dengan berbagai sarana angkutan umum yang hilir mudik, juga tentu saja bisa mobil pribadi dari Kota Makassar sekitar 1 jam. Air Terjun Bantimurung merupakan obyek wisata alam di Sulawesi Selatan yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Air terjun ini memiliki lebar 20 meter dan tinggi 15 meter. Airnya yang jernih dan sejuk meluncur dari atas gunung batu dengan deras sepanjang tahun. Di bawah curahan air terjun terdapat sebuah tempat pemandian dari landasan batu kapur yang keras dan tertutup lapisan mineral akibat aliran air selama ratusan tahun. Kedalaman air di pemandian ini antara mata kaki hingga ke pinggang. Di sebelah kiri air terjun terdapat tangga beton setinggi 10 meter yang merupakan jalan menuju dua gua yang ada di sekitar air terjun, yaitu Gua Mimpi dan Gua Batu. Selain memiliki air terjun yang mempesona, kawasan wisata Air Terjun Bantimurung juga menjadi habitat berbagai spesies kupu-kupu yang langka, sehingga penjajah Belanda pernah menjuluki tempat ini sebagai “Kingdom of Butterfly”. Bahkan, seorang naturalis asal Inggris, Alfred Rassel Wallase, pernah tinggal di kawasan ini selama kurang lebih satu tahun (1856-1857) untuk meneliti 150 spesies kupu-kupu yang tergolong langka itu. Hingga saat ini, para pengunjung masih dapat menyaksikan indahnya warna-warni kupu-kupu dengan berbagai spesies yang berterbangan ke sana – ke mari di antara bunga-bunga dan semak-belukar yang memenuhi gunung batu Bantimurung.

3. Air Terjun Takapala (Malino, Gowa)
Air terjun Takapala Terletak di Desa Bul
utana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Propinsi Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 70 km dari Makassar (waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara) atau 6 km dari kota Malino, ibukota kecamatan Tinggimoncong. Kondisi jalan menuju air terjun ini relatif baik dengan sedikit berliku naik turun bukit, hanya beberapa titik dijumpai jalan yang berlubang. Sepanjang perjalanan akan dijumpai pemandangan yang elok dengan salah satu sisi jalannya adalah jurang.Air terjun ini tingginya mencapai 109 meter dengan volume air yang dicurahkannya sangat besar terlebih lagi dikala musim hujan tiba. Curahan airnya menimpa bongkahan batu-batu besar di dasarnnya, menimbulkan suara gemuruh dan percikan air membentuk kabut tipis sejauh 20 m. Tak jauh (bersebelahan) dari Air Terjun Takapala terdapat juga air terjun lain yaitu Air Terjun ketemu Jodoh. Lokasi air terjun ini hanya dipisahkan oleh ruas jalan yang menuju ke Desa Majannang, Kecamatan Parigi. Menurut masyarakat sekitarnya air terjun ini dipercaya dapat memberikan kemudahan bagi setiap orang yang datang untuk bermandi sembari berniat untuk mendapatkan jodoh dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Perkebunan Teh Nitto yang terletak di arah utara Kota Malino, tepatnya di Dusun Pattapang, sekitar tiga kilometer dari pasar inpres Malino. Untuk mencapainya dapat melalui jalan poros Malino-Sinjai. Kebun teh ini dikelola oleh sebuah perusahaan swasta dan untuk memasukinya dikenakan biaya tiket sebesar Rp 50.000 per orang.

4. Pantai Tanjung Bira (Bulukumba)

Tanjung bira terkenal dengan pantai pasir putihnya yang cantik dan menyenangkan. Airnya jernih, baik untuk tempat berenang dan berjemur. Disini kita dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dengan cahayanya yang berkilau nenbersit pada hamparan pas
ir putih sepanjang puluhan kilometer. Pantai bira yang sudah terkenal hingga mancanegara, kini sudah ditata secara apik menjadi kawasan wisata yang patutu di andalkan. Berbagai sarana sudah tersedia, seperti perhotelan, restoran, serta sarana telekomunikasi, pantai bira berlokasi sekitar 41 km kearah timur dari kota bulukumba. dengan pelabuhan penyeberangan fery yang menghubungkan daratan Sulawesi Selatan dengan pulau selayar.

5. Taman Nasional Takabonerate (Selayar)
Taman Nasional Taka Bonerate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luas total dari atol ini 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km². Kawasan ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sejak Tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate telah di calonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia. Dalam rangkaian Hari jadi Kepulauan Selayar di lokasi ini setiap tahunnya diadakan festival yang bertajuk Sail Taka Bonerate atau sebelumnya disebut Takabonerate Island Expedition. Ada sebanyak lima belas buah pulau di Taman Nasional Taka Bonerate sehingga sangat bagus untuk kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya. Topografi kawasan sangat unik dan menarik, di mana atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau-pulau dengan jumlah yang cukup banyak. Di antara pulau-pulau gosong karang, terdapat selat-selat sempit yang dalam dan terjal. Sedangkan pada bagian permukaan rataan terumbu, banyak terdapat kolam kecil yang dalam dan dikelilingi oleh terumbu karang. Pada saat air surut terendah, terlihat dengan jelas daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam-kolam kecil.

Demikian tulisan  tentang Info 5 Tempat Wisata Paling Populer di Sulawesi Selatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Info menarik dan bermanfaat lainnya silahkan kunjungi rianisyahriani01.blogspot.com