Tuesday, December 3, 2013

Cara Tips Cegah HIV/AIDS


Tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Hari AIDS diperingati untuk menumbuhan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Peringatan ini sebagai warning bahaya virus HIV baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Menghindari terkena virus mematikan tersebut lebih baik daripada mengobati. Untuk menghindari, maka hal utama yang harus dilakukan adalah pencegahan. Pengobatan bagi penderita penyakit AIDS membutuhkan biaya sangat besar padahal belum ditemukan anti virus HIV yang tepat. Bahkan penderita akan berujung pada kematian.

sebagai bentuk pencegahan dari HIV/AIDS yaitu membentengi diri dengan senangtiasa berpegang teguh pada ajaran dan mendekatkan diri pada Tuhan. Dengan demikian, tidak akan mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif dan terhindar dari pergaulan bebas.

Apabila gemar berkawan, hendaknya selektif dalam memilih teman. Teman yang baik akan selalu mengarahkan ke hal-hal positif. Jangan melakukan hubungan seksual sebelum menikah (berzinah), dalam agama pun sudah jelas larangnya. Jangan gonta-ganti pasangan seksual. Kondom bukan jaminan bahwa orang akan terhindar dari penyakit seksual menular.

Harus ditanamkan dalam hati, ketika orang terkena AIDS dampaknya sangat berbahaya. Seseorang yang telah terjangkit virus HIV tentu daya tahan tubuhnya sudah sangat rendah, karena antibodi di dalam tubuh yang semestinya berfungsi untuk melawan berbagai mikroorganisme patologis yang masuk ke tubuh telah diserang oleh virus HIV. Akibatnya orang tersebut akan sangat mudah terserang penyakit infeksi kemudian menimbulkan kematian.

Secara psikologis seseorang yang mengidap AIDS cenderung mengalami akibat yang berkepanjangan karena penyakit yang dideritanya. Belum lagi harus menanggung beban sosial yang harus diterima dari masyarakat terkait penyakitnya. secara ekonomis penderita AIDS mengalami penurunan produktifitas kerja disebabkan kondisi tubuh yang lemah.

Demikian tips yang dapat dilakukan sehingga dengan mengetahui bahaya dari penyakit AIDS, akan berusaha untuk melakukan pencegahan sehingga terbebas dari infeksi virus HIV. Mari melakukan pencegahan terhadap HIV/AIDS. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com