Tuesday, December 3, 2013

Info Tentang Mitos dan Fakta Tentang HIV/AIDS


Penyakit AIDS/HIV sangat awam di masyarakat disebabkan karena adanya peringatan hari AIDS setiap tanggal 1 Desember. Namun penyeberan penyakit tersebut menimbulkan berbagai persepsi tentang penyakit tersebut. Berbagai mitos tentang HIV/AIDS pun mulai berkembang dimasyarkat dan perlu dicarikan solusi yang benar mengenai mitos tersbut. Berikut mitos dan kebenarannya.

Mitos : HIV dapat ditularkan melalui jabat tangan

Fakta : HIV tidak dapat ditularkan dan tidak dapt menginfeksi melalui jabat tangan, berpelukan, menggunakan toilet bersama , minum dari gelas yang digunakan oleh seorang yang terkena HIV. HIV juga tidak ditularkan dengan orang yang berdekataan ketika sedang bersin atau batuk.

Mitos : HIV dan AIDS itu sama

Fakta : Salah! HIV merupakan virus yang jika tidak ditangani maka akan menimbulkan AIDS. Seseorang bisa menderita HIV tanpa AIDS selama beberpa tahun.

Mitos : HIV hanya akan menyerang orang dewasa

Fakta : HIV bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal usia maupun jenis kelamin. HIV juga dapat menular kepada keturunan orang yang terkena HIV. Disamping itu, banyak orang yang terkena HIV tetapi tidak mengetahui kondisi dirinya.

Mitos : Melawan AIDS itu mustahil

Fakta : Sekalipun belum ditemukan obatnya, bukan berarti harus menyerah melawan penyakit tersebut. Karena ada bukti dari United Nation Programmeon HIV/AIDS (UNAIDS). Dari penanganan yang dilakukan dilakukan jumlah infeksi virus HIV menurun sebesar 50 persen dan AIDS sebanyak 25 persen di seluruh dunia.

Minos : Nyamuk dapat menularkan HIV

Fakta : Nyamuk tidak menularkan HIV melalui darah orang lain yang dihisap kepada korban baru. HIV/AIDS tidak bereproduksi pada serangga, sehingga virus tidak dapat bertahan hidup pada nyamuk untuk ditransmisikan melalui gigitan.

Itulah beberapa mitos dan fakta terkait dengan HIV/AIDS. semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan dapat memberitahukan kepada orang-orang disekitar kita tentang kebenaran dari mitos yang berkembang dimasyarakat. Dapatkan info menarik lainnya hanya di rianisyahriani01.blogspot.com