Thursday, December 26, 2013

Olahraga Yang Baik Bagi Jantung


Olahraga Yang Baik Bagi Jantung-Jantung merupakan salah satu organ vital bagi manusia. Kelainan pada jantung dapat beresiko kematian, olehnya perlu dijaga dengan agar jantung tetap sehat dan berfungsi secara optimal. Untuk menjaga kesehatan jantung dan dapat berfungsi dengan baik, maka dianjurkan melakukan olahraga yang dikenal dengan latihan kardiovaskular. Beberapa olahraga yang baik kesehatan jantung :


Berjalan Cepat
Beberapa studi memang sudah membuktikan bahwa berjalan bisa meningkatkan kesehatan. Tapi, kecepatan saat berjalan itulah yang merupakan kuncinya. Menurut Cardiovascular Institute di Beth Israel Deaconess Medical Center, berjalan seperti latihan aerobik selama 30 menit adalah cara termudah untuk menangkal penyakit kardiovaskular.

Dengan mencapai pedoman yang direkomendasikan minimal 30 menit melakukan latihan rutin yang mencakup jalan cepat setidaknya lima hari seminggu, banyak kematian dini yang bisa dicegah. selain meningkatkan harapan hidup, membakar kalori, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, berjalan juga lebih baik bagi jantung daripada bentuk latihan intensif sehari-hari lainnya. Apalagi berjalan merupakan latihan ringan tanpa risiko cedera.

Jogging
Joging merupakan suatu olahraga aktif fisik seperti lari kecil dengan kecepatan 6-7 mil per jam. Aktivitas joging ini bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama dengan teman dan keluarga untuk menambah semangat.
Bagi orang yang bermasalah dengan sendi lutut, olahraga joging juga bagus untuk dilakukan. Namun, harus dilakukan dengan aturan yang tepat, yaitu interval 2,5 menit jalan cepat, lalu setengah menit joging, dan berulang lakukan terus-menerus dengan teratur.

Pembuluh darah yang menyempit di kaki dan tungkai berkat joging menjadi melebar. Yang tertutup oleh lemak menjadi terbuka, serta ada pembentukan pembuluh darah baru, sehingga aliran darah atau kinerja jantung menjadi lancar.

sebelum memulai olahraga sebaiknya menghitung denyut nadi di tangan atau di leher. Sebab, jantung terbebani atau tidak, tetap harus dipantau, yakni dengan keteraturan denyut nadi. Dan pemantau denyut jantung setiap orang pastinya berbeda. Kapasitas denyut jantung yang baik adalah 60-80 persen.

Berenang
Berenang adalah salah satu cara yang bisa menjauhkan dari risiko penyakit jantung. Hal ini karena air memberikan resistensi (perlawanan) multi arah yang akan meningkatkan denyut jantung saat seseorang rutin berenang.

Efisiensi jantung memompa darah ke seluruh tubuh dapat meningkat dengan berenang secara rutin. Penelitian dari Columbia University Medical Center menemukan, berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Bersepeda
Bersepeda adalah olahraga kardiovaskular lain yang sudah diketahui dapat mencegah seorang mengalami penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena saat seorang bersepeda jantung mereka terus memompa. Sehingga dapat terus menjaga kesehatan jantung dan mengencangkan tubuh bagian bawah serta otot inti Anda. Tidak hanya membakar kalori dalam tubuh kita, penelitian yang dilansir menyebutkan bahwa sebuah hasil penelitian dari british Medical Association menyatakan bahwa dengan bersepeda dengan jarak tempuh 35 kilometer dalam kurun waktu satu minggu dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 50%.

Demikian tulisan tentang Olahraga Yang Baik Bagi Jantung, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan info menarik lainnya hanya di http://rianisyahriani01.blogspot.com